Sabtu, 05 Januari 2013



E-UAN Sebagai Wujud Kemajuan Teknologi Informasi

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komputer membawa banyak perubahan dan kemajuan dalam beberapa bidang. Teknologi Informasi dan Komputermampu mendorong laju perkembangan yang pada akhirnya mampu memberikan kemudahan, efektivitas dabn efisiensi dalam setiap proses yang didukungnya. Perkembangan teknologi informasi juga telah membawa beberapa perubahan yangmana di waktu lampau mungkin belum pernah terpikirkan. Beberapa contoh wujud dari perkembangan Teknologi Informasi dan Komputer antara lain pada jaringan & infrastruktur telekomunikasi, dimulai dengan ditemukannya jaringan LAN(Local Area Network) yang menghubungkan lebih dari 2 komputer dengan sebuah server dimana memungkinkan terjadi transfer informasi dan pertukaran data. Perkembangan yang cepat terjadi dengan diikuti penemuan internet. Saat ini kita sudah dapat melakukan transfer data ke berbagai belahan dunia menggunakan teknologi internet. Sesuatu yang mungkin bagi sebagaian kita tidak terpikirikan di masa lampau, dimana kita masih menggantungkan pengiriman informasi melalui media pos. Kemajuan dalam infrastruktur jaringanpun tidak berhenti begitu saja, wireless broad band juga sudah menempati bagian dari hasil pengembangan teknologi informasi. Dari kemajuanTeknologi Informasi dan Komputer inilah yang memacu perkembangan-perkembangan di bidang bisnis, kesehatan, pendidikan, pertanian dan bidang-bidang yang lain. Sebagai contoh kemajuan yang dipicu perkembangan teknologi informasi antara lain E-Commerce, E-Learning, E-UAN, GIS (Geographic Informastion System), E-Banking.

E-UAN merupakan salah satu hasil kemajuan Teknologi Informasi dan Komputer di bidang pendidikan. Secara harfiah E-UAN merupakan Electronic UAN atau dengan kalimat lain Ujian Akhir Nasional yang dilaksanakan secara on-line melalui media Internet. Awal pembanguan sistem E-UAN adalah adanya kebutuhan akan pengolahan data yang cepat dan akurat sehingga proses UAN tersebut dapat dilaksanakan lebih efektive dan efisien. Dengan data yang akurat diharapkan informasi yang disajikan akan minim dari kesalahan dan informasi yang disampaikan dapat memberikan manfaat bagi setiap entitas yang terlibat dalam UAN. Dengan dukungan Teknologi Informasi dan Komputer setiap data peserta UAN dan hasil verifikasi ujian dapat diproses dengan lebih cepat dibandingkan dengan sistem konvensional,sebagai contohnya dengan sistem yang tercomputerize setiap hasil ujian dapat diverifikasi kebenaran dari setiap jawaban siswa dan hasil verifikasi tersebut dapat di umumkan secara langsung setelah siswa menyelesaikan ujian dan secara bersamaan hasil ujian tersebut tersimpan ke dalam database. Penyimpanan data-data tersebut ke dalam suatu database akan lebih aman dan mudah penyimpanan serta pengaksesanya. Dengan dukungan teknologi internet saat ini, memungkinkan pelaksanaan UAN dapat di lakukan dari beberapa tempat, sehingga lebih fleksibel. Disamping dalam hal pengolahan data, pengaksesan, dan flexibility pelaksanaan, dengan dukungan teknologi informasi dan komputer terutama dukungan dari segi programming dan animasi, E-UAN juga diharapkan lebih bersifat interaktive dan memiliki aspek visualisai yang lebih baik dari sistem ujian konvensional-paper based, sehingga secara emosional dapat merangsang imaginasi dan visualisasi para peserta ujian, sehingga diharapkan ujian juga dapat memberikan penilaian yang lebih akurat terhadap pemahaman para peserta.

Namun disamping kelebihan yang diharapkan dapat terpenuhi dariimplementasi sistem E-UAN, ada beberapa hal yang memang tidak dapat kita abaikan dari implementasi sistem E-UAN yaitu apakah sistem E-UAN ini dapat diimplementasikan secara secara menyeluruh di wilayah Indonesia? Indonesia memiliki wilayah yang tersebar ke di sekitar 13,000 pulau membutuhkan kesiapan infrastruktur yang memadai untuk implementasi E-UAN, seperti contohnya distribusi peralatan teknologi informasi dan komputer harus dapat mencapai titik-titik pulau yang berpenduduk. Disamping itu kesiapan dari para siswa dalam pelaksanaan E-UAN juga harus menjadi perhatian khusus. Hal-hal tersebut merupakan suatu tantangan bagi para pelaksana dan implementor E-UAN, bagaimana dapat mendesign dan mempersiapkan sistem E-UAN ini agar dapat diimplementasikan dengan baik sehingga kelebihan-kelibihan sistem E-UAN dapat tercapai.

Perubahan yang besar pastilah membutuhkan kesiapan dan strategi yang tepat. Namun seyogyanya tantangan-tantangan dihadapan kita harus dapat menjadi penyemangat untuk lebih maju. Serta kemajuan-kemajuan teknologi informasi dan komputer yang telah dicapai saat ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kemajuan bangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar